Strategi TikTok Marketing Ramadhan – Ramadhan tiba, Ramadhan tiba, marhaban ya ramadhan, marhaban ya ramadhan.
Mungkin itulah soundtrack lagu yang sering Anda dengarkan di bulan Ramadhan tahun 2023 ini.
Ya, Pemerintah Indonesia telah menetapkan puasa Ramadhan jatuh pada hari Kamis 23 Maret 2023 melalui hasil sidang isbat yang dipimpin oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.
Tentunya momen hadirnya bulan puasa ini disambut baik oleh banyak masyarakat Indonesia. Terlebih di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama islam.
Tetapi, tahukah Anda bahwa momen datangnya Ramadhan ini tidak hanya disambut baik oleh penduduk muslim secara umum, namun juga oleh pebisnis digital.
Baca Juga: 9 Ide Usaha yang Ramai di Bulan Ramadhan
Datangnya bulan Ramadhan ini memberikan mereka banyak inspirasi untuk menjalankan berbagai ide marketing yang brilian.
Salah satunya adalah dengan lebih memaksimalkan lagi strategi TikTok Marketing. Tidak bisa dipungkiri bahwa TikTok banyak membantu pebisnis untuk keluar dari masa-masa sulit saat Covid-19 yang berlangsung selama 2 tahun lamanya.
Tercatat hingga saat ini, pengguna TikTok di Indonesia terus berkembang. Bahkan di bulan Februari 2023, jumlah pengguna TikTok di Indonesia sudah mencapai angka 109.9 juta jiwa. Angka ini juga sekaligus menjadikan Indonesia sebagai negara kedua dengan jumlah penduduk terbanyak yang gunakan TikTok.
Melalui algoritmanya yang memudahkan seseorang untuk melihat konten fresh dan lucu, menjadikan TikTok sebagai salah satu sosial media terfavorit bersaing ketat dengan Instagram. Terlebih lagi di bulan Ramadhan, di mana banyak waktu luang masyarakat Indonesia dikarenakan mereka menjalankan ibadah puasa.
Akses hiburan dari TikTok untuk menemani mereka menunggu waktu berbuka tentunya akan jadi salah satu pilihan.
Baca Juga: Tren TikTok Marketing Terbaik 2023
Nah, melihat besarnya peluang yang ada ini, ada baiknya pebisnis cerdas seperti Anda memperhatikan lagi strategi TikTok marketingnya. Untuk memperkaya wawasan Anda, berikut ini MinTiv berikan 6 Strategi TikTok Marketing Ramadhan Terbaik 2023. Simak baik-baik ya!
6 Strategi TikTok Marketing Ramadhan
- Fokuskan konten yang berkaitan dengan tema Ramadhan. Buatlah konten berkualitas tinggi dengan tema Ramadhan. Anda bisa mengambil tema seperti menjaga kesehatan selama puasa, konten religi, ataupun tutorial memasak makanan enak jelang berbuka.
- Melaksanakan tantangan TikTok. Kedua adalah dengan membuat tantangan TikTok. Anda bisa membuat konsep tantangan ini terlebih dahulu dengan tim Anda. Gunakan dengan maksimal fitur stitch yang ada di TikTok. Anda bisa saja membuat konsep konten tantangan “Puasa Produktif” seperti sudah baca berapa buku hari ini, dan lain-lain.
Baca Juga: Apa itu Personal Branding dan Bagaimana Cara Melakukannya?
- Melakukan kolaborasi dengan influencer. Terkhusus yang ini, Anda harus benar-benar memahami terlebih dahulu jenis-jenis daripada influencer itu sendiri. Setelah itu, pilihlah influencer yang relevan dengan niche konten Anda. Jangan lupa untuk melihat track record mereka.
- Menggunakan hashtag yang berhubungan dengan Ramadhan. Contohnya #Ramadhan, #Puasa, #BerbagiKebaikan, dan sebagainya.
Baca Juga: Cara Mengoptimalkan Hashtag di Sosial Media
- Memberikan dukungan sosial. Ya, berikutnya adalah dengan membuat konten bertemakan dukungan sosial. Seperti konten yang berisikan pesan kebaikan, buka puasa dengan anak yatim piatu, konten berbagi dengan orang-orang yang ada di pinggir jalan dan lain-lain. Hal ini penting untuk membangun citra Anda sebagai pebisnis.
- Menggunakan musik atau elemen yang berkaitan dengan Ramadhan.
Inilah 6 strategi terbaik untuk keperluan TikTok Marketing Anda. Apabila Anda membutuhkan Jasa Kelola TikTok Lengkap dengan Talent, hubungi Creativism.
Pesan Juga: Jasa SEO Semarang Terbaik
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.