Apa itu Email Blast – Sebutkan salah satu marketing channel yang sering dianggap remeh tapi ternyata memberikan pebisnis banyak keuntungan?.
Satu dari sekian banyak jawaban yang ada, pasti akan mengarahkan Anda pada strategi email marketing.
Mengapa demikian?. Email marketing adalah strategi promosi bisnis yang memanfaatkan database email pelanggan yang terdaftar dalam sistem. Strategi ini sebenarnya akan memberikan Anda banyak keuntungan.
Keuntungan yang paling besar tentu saja keuntungan untuk memperoleh konversi lebih banyak lagi.
Sayangnya, banyak pebisnis yang kurang mengerti bagaimana strategi email marketing yang tepat. Kebanyakan hanya mengirimkan email promosi sebanyak mungkin kepada daftar email yang menjadi target.
Tentu saja penawaran yang dilakukan menjadi tidak tertarget, dan malah memberikan kesan layaknya spam. Adapun cara mengirimkan email promosi pada banyak orang ini disebut dengan email blast.
Lalu bagaimana caranya agar email blast yang Anda lakukan benar-benar efektif dan tidak dinilai sebagai spam?.
Simak artikel ini baik-baik ya!.
Apa itu Email Blast?
Email blast adalah strategi untuk mengirimkan satu email kepada sekelompok orang secara bersamaan. Dapat dikatakan bahwa cara kerja email blast ini mirip dengan broadcast messages. Tujuannya jelas, demi menghemat waktu untuk dapat mengirimkan pesan kepada banyak calon pelanggan.
Pebisnis tidak perlu lagi melakukan pengiriman email kepada calon pelanggan satu per satu. Biasanya email blast dilakukan tanpa memperhatikan preferensi atau kepentingan daripada penerima.
Baca Juga: Strategi TikTok Marketing untuk Ramadhan
Meskipun efektif digunakan untuk menghemat waktu pengiriman info promosi melalui email, email blast seringkali dideteksi sebagai spam email. Oleh sebab itu penting bagi Anda untuk memahami dengan baik apa itu email marketing yang sesuai dengan peraturan anti spam.
Cara Melakukan Email Blast?
Bagaimana caranya melakukan email blast agar tidak terdeteksi sebagai spam?. Nah, berikut ini ada 8 tips jitu yang bisa Anda praktikan ketika melakukan email blast. 8 tips tersebut adalah;
1. Membuat Daftar Email Penerima yang Valid
Langkah yang pertama adalah dengan membuat daftar email penerima yang valid. Pastikan bahwa daftar email penerima tersebut benar-benar relevan dengan info produk bisnis yang coba Anda tawarkan. Hindari daftar email yang sekiranya sudah tidak digunakan lagi. Bagaimana cara mengetahuinya?.
Jawaban pertanyaan ini bisa Anda dapatkan apabila email blast sudah dilakukan. Apabila email penerima tidak membalas pesan email Anda lebih dari 3x, maka Anda bisa memasukkan ke dalam daftar email penerima yang sudah usang. Tentu saja terdapat kriteria penilaian lain.
2. Menggunakan Layanan Email Marketing atau Aplikasi Khusus
Langkah yang kedua adalah dengan menggunakan layanan email marketing khusus. Anda bisa saja menggunakan Mailchimp, Sendinblue, ataupun Constant Contact. Selain itu Anda bisa menggunakan aplikasi khusus email blast yang tepat. Yang menyediakan Anda fitur lengkap untuk mengirimkan email dalam jumlah banyak sekaligus.
3. Membuat Segmentasi Daftar Penerima Email Blast
Ketiga adalah dengan membuat segmentasi daftar penerima email blast. Di sini Anda bisa melakukan segmentasi menggunakan klasifikasi yang jelas seperti berdasarkan gender penerima, minat tertentu penerima, dan lain-lain.
Usahakan Anda benar-benar memahami konsep personalized ads.
4. Membuat Email Promosi Responsif dan Menarik
Keempat adalah dengan membuat email promosi agar dapat tampil sempurna di semua perangkat. Termasuk desktop, tablet, dan pasti smartphone.
Jangan lupakan juga untuk membuat email promosi tersebut dengan teks dan desain yang menarik. Bila perlu gunakan gambar atau video yang didesain khusus bersamaan dengan email tersebut.
5. Sertakan CTA yang Jelas
Kelima adalah menyertakan CTA (Call to Action) atau ajakan untuk bertindak yang jelas kepada penerima email.
Buatlah CTA ini agar benar-benar mendorong aksi daripada penerima. Anda bisa menggunakan kata-kata seperti “Tanya-Tanya Dulu”, “Gratis Konsultasi”, “Promo Terbatas, Amankan Slot Sekarang”, atau “Pesan Sekarang Aja Karena Promonya Hanya Berlaku Hari Ini!”.
6. Menyesuaikan Email Sesuai dengan Target Market
Keenam adalah menyesuaikan email sesuai dengan target market. Hampir sama seperti langkah ketiga, hanya saja langkah keenam ini meliputi penargetan yang lebih kompleks. Di sini Anda harus dapat memikirkan desain template terbaik untuk target audiens tertentu. Pastikan juga gaya bahasanya cocok dengan penerima email.
7. Analisis Performa Email, Lakukan A/B Testing dan Perbaikan Terus Menerus
Ketujuh adalah dengan melakukan analisa performa email. Untuk bisa melakukannya dengan mudah, gunakan metode A/B Testing.
Baca Juga: Cara Melakukan A/B Testing
Dilansir dari Digital Marketing Institute, A/B testing adalah metode untuk membandingkan 2 atau lebih varian strategi marketing satu sama lain demi menentukan mana yang memiliki kinerja lebih baik seperti jumlah klik yang didapatkan ataupun matriks penting bisnis lainnya.
8. Lindungi Privasi Penerima
Terakhir, tetapi menjadi bagian penting yang tidak boleh sama sekali dilewatkan, adalah melindung privasi penerima.
Pastikan bahwa data-data pribadi mereka yang digunakan untuk mendaftarkan layanan Anda tidak bocor ke pihak ketiga. Pastikan juga bahwa penerima memiliki opsi untuk berhenti berlangganan, jika Anda menggunakan fitur email subscription.
Rekomendasi Aplikasi untuk Email Blast
Ada banyak rekomendasi aplikasi untuk Anda bisa melakukan email blast dengan mudah. 10 di antaranya adalah;
- HubSpot Email Marketing
- Sender
- Sendinblue
- Omnisend
- Sendpulse
- Benchmark Email
- Mailchimp
- MailerLite
- Mailjet
- Moosend
Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu email blast. Apabila Anda membutuhkan partner bisnis digital yang tepat untuk membantu Anda dalam keperluan digital marketing, hubungi Creativism.
Pesan Sekarang: Jasa SEO Terpercaya Surabaya
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.