Indirect Selling Adalah – Apa yang akan Anda lakukan untuk memperluas bisnis Anda?.
Dari sekian banyak jawaban yang ada, memperbanyak penjualan tentunya akan jadi salah satu opsi jawaban yang ada. Sederhana, tetapi kenyataannya untuk dapat menjual 1 produk atau layanan diperlukan berbagai strategi yang matang. Dari sekian banyak strategi itu pula, pernahkah Anda berpikir untuk menjalankan strategi penjualan tidak langsung, yakni indirect selling?.
Apa itu Indirect selling MinTiv?. Bagaimana kita dapat menjual sebuah produk secara tidak langsung?. Apa saja contoh indirect selling?. MinTiv akan menjelaskan itu semua kepada Anda lengkap di sini.
Indirect Selling Adalah
Indirect selling adalah sistem penjualan yang dilakukan tanpa harus bertatap muka. Dapat dikatakan juga bahwa indirect selling merupakan bagian dari soft selling.
Penggunaan paling umum dari indirect selling dapat Anda jumpai pada iklan yang ada di sosial media, baliho/papan reklame, dan juga dokumentasi tanggung jawab perusahaan. Salah satu contoh iklan tersebut dapat Anda temui pada saat Anda menonton Televisi. Di mana mungkin terdapat segmen khusus yang mengiklankan suatu produk secara interaktif.
Mirip-mirip dengan definisi yang ada di stealth marketing. Untuk jenis produknya sendiri, sebenarnya beragam dan tidak harus merupakan barang yang mahal. Terlebih internet menjadi opsi untuk iklan Anda lebih beragam dan lebih murah.
Contoh Indirect Selling
Ada banyak contoh daripada penerapan indirect selling. Untuk memudahkan kita mempelajarinya, kita akan lakukan klasifikasi contoh indirect selling berdasarkan media yang digunakan. Apa saja?..
1. Marketing Public Relation
Yang pertama adalah marketing public relation. Sistem kerjanya sederhana, yakni staf dari Marketing akan mengirimkan pesan promosi melalui media komunikasi tertentu. Tentu saja, respon yang diharapkan penerima pesan adalah menerima promosi tersebut.
2. Social Media Advertising
Selanjutnya adalah dengan menjalankan social media advertising. Sebuah teknik yang mengharuskan Anda untuk dapat memahami matriks-matriks penting dalam iklan. Seperti CPM, CTR, dan juga CPC. Anda bisa menggunakan berbagai sosial media yang memang menyediakan opsi untuk beriklan. Seperti Facebook Ads, Instagram Ads, Twitter, dan juga LinkedIn Ads.
3. Pemasaran Interaktif
Terakhir adalah dengan melakukan pemasaran interaktif. Jika Anda menggunakan bot marketing, dan bot tersebut dapat berinteraksi dengan senatural mungkin, maka itupun sudah termasuk ke dalam pemasaran interaktif.
Kelebihan dan Kekurangan Indirect Selling
Meskipun indirect selling menawarkan Anda opsi yang lebih ramah, yakni tidak harus bertemu langsung dengan pelanggan, bukan berarti, teknik tidak memiliki kelemahan. Akan ada kelemahan di dalamnya, sebagaimana juga ada kelebihan yang didapatkan. Berikut penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari indirect selling.
Kelebihan
Karena indirect selling tidak mengharuskan Anda untuk bertatap muka dengan pelanggan, maka informasi yang akan disampaikan tentunya akan jauh lebih detail. Informasi detail inilah yang kemudian akan memudahkan Anda meningkatkan loyalitas pelanggan. Pelanggan akan lebih diperhatikan jika Anda memberikan informasi yang detail.
Dengan indirect selling pula Anda dapat menjalankan berbagai strategi marketing yang basisnya online seperti website bisnis, sosial media, iklan online digital, dan lain-lain. Terlebih lagi jika Anda sudah memahami dengan baik Unique Selling Point Anda. Tentunya materi iklan yang disajikan akan jauh lebih menarik lagi.
- Dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.
- Strategi pemasaran yang lebih beragam.
- Materi iklan yang jauh lebih menarik.
Kekurangan
Kekurangan yang dimiliki adalah fokus pelanggan mudah terpecah dengan milik kompetitor. Terlebih jika Anda menggunakan sosial media ataupun e-commerce. Banyaknya opsi pilihan juga pada akhirnya akan menjadikan proses pembelian oleh pelanggan lebih lama lagi. Anda perlu branding yang lebih kuat lagi. Lakukan flanking marketing dan analisa SWOT.
- Fokus pelanggan mudah terpecah.
- Proses pembelian oleh pelanggan lebih lama.
Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu indirect selling. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan jasa agen digital marketing yang dapat membantu Anda menjalankan strategi yang satu ini, hubungi Creativism.id.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.