Kelebihan Iklan Digital – Sebagai seorang pebisnis, wajib bagi Anda untuk memperluas brand awareness yang dimiliki. Meluasnya brand awareness atau meningkatnya level brand awareness yang dimiliki, tentu akan memudahkan Anda dapatkan banyak konversi bisnis. Ada banyak yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tujuan tersebut. Salah satunya adalah dengan memperbanyak promosi melalui iklan digital.
Mengapa harus iklan digital?. Mengapa bukan iklan seperti yang bertebaran di papan reklame di jalan-jalan?.
Jawabannya simple. Iklan digital menawarkan Anda jangkauan yang lebih luas dengan biaya yang relatif lebih murah. Belum lagi papan reklame yang biasa Anda temui di jalan tersebut, memiliki berbagai persyaratan yang harus diurus.
Seperti biaya izin reklame, pajak reklame, dan juga penentuan lokasi papan reklame yang strategis. Semakin strategis papan reklame yang Anda inginkan, tentunya semakin tinggi biaya yang diperlukan. Hal inilah yang tidak akan Anda jumpai pada iklan digital.
Anda hanya perlu mempelajari buyer persona dari audiens market Anda, dan kemudian menggunakannya untuk behavioral targeting. Anda hanya cukup memiliki akun dari platform digital yang Anda gunakan saja.
Di sini, MinTiv akan menjelaskan tentang apa saja kelebihan dan juga kekurangan dari iklan digital. Simak baik-baik penjelasan di bawah ini ya!.
Kelebihan Iklan Digital
1. Membantu Anda Lebih Banyak Menghemat Biaya
Seperti yang sudah MinTiv katakan sebelumnya, iklan digital akan membantu Anda untuk lebih banyak menghemat biaya. Anda tidak perlu pusing memikirkan biaya untuk persiapan persyaratan iklan yang biasa Anda temui di jalan-jalan.
Baca Juga: Perbedaan Facebook Ads dengan Google Ads
Perlu diketahui juga, ketika Anda memutuskan untuk menggunakan iklan seperti itu (papan reklame di jalan), maka setidaknya Anda akan dikenakan 3 biaya. Yakni biaya izin reklame, pajak reklame, dan juga biaya tidak terduga.
- Biaya Izin Reklame. Pada umumnya, biaya yang diperlukan mencapai lebih dari 10 juta ke atas. Semakin strategis tempat papan reklamenya, semakin tinggi biayanya. Untuk mengurusnya saja, Anda harus menyiapkan KTP, NPWP, KK, dan juga surat-surat lainnya.
- Biaya Pajak Reklame. Besarnya pajak papan reklame tergantung pada lokasi, ukuran dan jangka waktu yang digunakan.
- Biaya Tak Terduga. Biaya ini harus Anda persiapkan apabila papan reklame yang Anda pasang mengalami masalah, seperti tumbang karena kuatnya angin hujan.
2. Performa Iklan Mudah Diukur
Karena sistemnya yang lebih canggih, Anda akan jauh lebih mudah mengukur tingkat keberhasilan iklan digital. Belum lagi setiap platform iklan digital memiliki dashboard dengan visualisasi informasi yang mudah dipahami.
Bahkan dengan tools tambahan, seperti Facebook Pixel ataupun Google Analytics, Anda dapat mengetahui seberapa besar jangkauan iklan yang didapatkan. berapa banyak jumlah pengunjung di dalam website/landing pages, dan performa iklan berdasarkan klik tombol yang didapatkan.
Baca Juga: Apa itu Consumer Insight dan Manfaatnya dalam Bisnis?
Data-data seperti inilah yang nantinya memudahkan Anda lakukan performance marketing.
3. Iklan Anda akan Jauh Lebih Tertarget
Ketiga, iklan Anda akan jauh lebih tertarget. Ya, hal ini wajar mengingat Facebook Ads, Google Ads, TikTok Ads menyediakan fitur penempatan iklan berdasarkan demografi tertentu. Anda bisa “menembak” iklan Anda berdasarkan demografi buyer persona yang cocok dengan niche Anda.
Semisal Anda menjalankan bisnis skincare, maka Anda bisa menembak iklan Anda pada demografi audiens dengan gender perempuan, berumur 20-35 tahun, berada di Daerah Ibu Kota Jakarta, dan lain-lain.
4. Jangkauan Lebih Luas
Selanjutnya, adalah jangkauan iklan yang Anda dapatkan jauh lebih luas. Ya, berbeda dengan papan reklame yang jangkauannya sesuai dengan tempat papan reklame itu berada, iklan digital memungkinkan Anda untuk dapatkan audiens yang bahkan berada di luar kota sekalipun.
Bukan hanya luar kota, tapi juga pulau, daerah, dan bahkan antar negara.
5. Membantu Anda untuk Manajemen Waktu yang Lebih Efektif dan Efisien
Kelebihan iklan digital berikutnya adalah memudahkan Anda untuk manajemen waktu yang lebih efektif dan efisien. Yaps, iklan digital tidak memerlukan Anda untuk mengurus berbagai surat yang ada seperti dengan papan reklame. Yang perlu Anda persiapkan hanya akun bisnis sesuai dengan platform iklan digital yang dipilih.
Semisal Anda memilih Facebook Ads, maka yang perlu Anda persiapkan adalah akun Facebook, FansPage Facebook, dan juga akun manager. Untuk membuatnya pun, Anda tidak harus sampai keluar rumah, dan hanya butuh beberapa menit saja.
6. Tingkat Keterlibatan Konsumen Lebih Besar
Mudah, praktis, dan tidak harus ketemu dengan pembeli langsung, menjadikan banyak masyarakat yang lebih senang menggunakan transaksi online. Bahkan data mencatat, bahwa sekitar 88% penduduk Indonesia di tahun 2021, adalah mereka yang melakukan transaksi online melalui e-commerce.
Belum lagi iklan digital yang ditemui biasanya memiliki materi iklan yang lebih interaktif dan memudahkan audiens untuk lakukan proses transaksi.
7. Materi dan Konten Iklan Lebih Menarik
Iklan digital memudahkan Anda untuk lakukan banyak inovasi dan juga kreasi materi iklan yang lebih kreatif. Anda bisa menjalankan iklan memanfaatkan berbagai elemen multimedia yang ada. Iklan Anda dapat berbentuk gambar, teks, video, audio, dan juga animasi. Bahkan bisa berbentuk aplikasi hiperaktif.
Semakin menarik materi iklan yang Anda tampilkan kepada konsumen, maka semakin besar pula peluang keterlibatan mereka untuk memulai customer journey lebih dalam.
8. Materi Iklan Dapat Anda Ubah Ketika Iklan Sedang Berjalan
Jika terdapat kesalahan pada materi iklan Anda, maka Anda bisa dengan mudah menggantinya di iklan digital. Kesalahan ini bisa saja berbentuk typo, salah gambar, ataupun video. Perbaikannya pun tidak memerlukan waktu yang lama.
Berbeda jika Anda menggunakan opsi papan reklame. Sekali kesalahan yang Anda buat, maka Anda dipaksa untuk menurunkan iklan yang sudah berjalan, dan menunggu perbaikan yang tidak sebentar.
Kekurangan Iklan Digital
1. Persaingan Iklan Digital yang Ketat
Banyaknya kelebihan yang ditawarkan oleh iklan digital, menjadikan banyak pebisnis yang mulai beralih menggunakannya. Persaingan ketat antar bisnis digital pun tidak dapat dihindari.
Untuk memenangkan persaingan ini, Anda perlu mempelajari dengan baik Unique Selling Product Anda. Memaksimalkan kelebihan yang ada untuk dapat bertahan. Jangan lupa untuk tingkatkan visibilitas bisnis Anda melalui social media marketing dan juga web marketing (SEO).
2. Kesalahan pada Sistem Iklan Digital
Karena sistemnya yang digital, maka yang berperan penting agar iklan Anda untuk dapat berjalan dengan baik secara tidak langsung adalah teknologi iklan digital itu sendiri.
Memang kesalahan yang dihadirkan pada sistem iklan digital ini terbilang minim. Tetapi, tidak menutup kemungkinan kesalahan seperti ini akan terjadi. Contohnya seperti Instagram yang sempat alami down beberapa waktu yang lalu.
3. Dibutuhkan Banyak Aplikasi Digital Tambahan Jika Ingin Hasil yang Maksimal
Memanfaatkan platform iklan digital saja tidak cukup.
Anda tetap butuh tambahan aplikasi digital lainnya, dan yang paling basic adalah memiliki website. Ya, seperti yang kita tahu, iklan digital biasanya memiliki website sebagai media informasi mereka.
Iklan diklik, lalu calon pelanggan dialihkan ke website Anda, dari website Anda kemudian calon pelanggan membaca informasi produk yang ada. Apabila mereka tertarik mereka akan segera menghubungi Anda.
Selain website, Anda juga akan membutuhkan banyak aplikasi untuk pembuatan materi konten iklan. Mulai dari aplikasi untuk editing, produksi konten, aplikasi media sosial itu sendiri, aplikasi analisis, dan lainnya.
4. Masalah Keamanan dan Privasi yang Benar-Benar Harus Dijaga
Anda pasti sudah sering mendengar kata “Tidak ada sistem yang aman”. Perkataan ini juga berlaku untuk setiap platform iklan digital. Pastikan bahwa Anda tidak lengah ataupun terjebak dengan berbagai varian virus Trojan atau malware.
Setiap akun sosial media yang digunakan pun rentan untuk diretas. Pastikan bahwa Anda benar-benar menjaga data pribadi Anda dengan baik.
5. Pesan Negatif Lebih Cepat Tersebar
Sistem digital memang memudahkan Anda untuk lebih cepat menyebarkan informasi produk. Anda juga bisa dengan mudah berinteraksi dengan audiens. Dan apabila produk atau jasa Anda mampu memuaskan mereka, maka feedback positif akan lebih mudah cepat tersebar.
Anda pun bisa menggunakan feedback tersebut untuk keperluan materi iklan. Tapi bagaimana jika responnya negatif?. Terlebih sosial media memudahkan semua orang untuk mengeluarkan opini mereka. Maka pesan negatif akan lebih mudah tersebar, dan pada akhirnya nama baik bisnis Anda akan jadi tercemar.
Ambil contoh iklan kontroversial Grab beberapa tahun lalu yang menyindir Opang (Ojek Pangkalan) sebagai ojek yang kurang memperhatikan motor mereka dan kurang aman.
Selain 5 kekurangan di atas, iklan digital juga memiliki kekurangan lainnya, terlebih yang menyangkut soal biaya produksi yang terbilang mahal. Oleh sebab itu, wajar jika kebanyakan pebisnis lebih memilih strategi digital marketing dengan biaya yang lebih murah. Contohnya adalah SEO marketing.
Sayangnya, SEO juga bukan strategi digital marketing yang mudah untuk diterapkan. Ada banyak tantangan yang mesti dihadapi. Tidak heran jika pebisnis lebih memilih untuk menggunakan pihak ketiga yang menyediakan Jasa SEO Tepercaya.
Pesan Sekarang: Jasa SEO Creativism, Pelayanan Lengkap dan Terbaik
Inilah penjelasan lengkap tentang kelebihan dan kekurangan iklan digital. Apabila Anda tertarik untuk mendapatkan Jasa Digital Marketing yang siap membantu Anda dalam iklan digital seperti Facebook Ads, hubungi Creativism.id.
Baca Juga: Apa Saja Jenis-Jenis Iklan Digital?
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 081 22222 7920.
[…] Baca Juga: Apa itu Consumer Insight dan Manfaatnya dalam Bisnis? […]
[…] Baca Juga: 8 Kelebihan Iklan Digital untuk Bisnis […]
[…] Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Iklan Digital […]