Cara Melayani Konsumen – Bisnis yang baik adalah bisnis yang berorientasi pada kenyamanan pelanggan atau konsumen. Di dalam istilah bisnis, strategi ini disebut dengan customer base. Kunci penting untuk bisa menjalankan customer base yang baik adalah menjaga komunikasi baik dengan konsumen.
Ya, komunikasi bisnis akan memberikan Anda banyak data penting terkait buyer persona yang paling ideal. Data-data terkait buyer persona ini kemudian bisa Anda gunakan untuk data enrichment. Sayangnya, komunikasi bisnis yang baik bukanlah satu-satunya alasan kuat untuk konsumen loyal kepada bisnis Anda.
Ada banyak cara yang bisa Anda terapkan untuk mempertajam komunikasi bisnis Anda.
Mulai dari memahami product knowledge, mencari unique selling point terbaik, serta memilih marketing channels yang tepat. Apapun cara yang Anda gunakan untuk melayani konsumen, pastinya Anda berharap dengan itu bisnis bisa mendapatkan konversi yang berlimpah.
Baca Juga: Apa itu Cold Calling dalam Telemarketing?
Nah, untuk menambah wawasan Anda, berikut ini MinTiv akan berikan 7 cara melayani konsumen yang efektif untuk tingkatkan konversi bisnis.
Apa saja?, simak baik-baik artikel ini ya!.
8 Cara Melayani Konsumen dengan Baik
1. Pertajam Product Knowledge yang Anda Miliki
Yang pertama adalah dengan mempertajam kemampuan Anda dalam memahami product knowledge.
Menurut Hubspot, product knowledge adalah situasi ketika sales representative benar-benar memahami produk yang dijual.
Dengan kata lain, product knowledge adalah pengetahuan terhadap informasi terkait sebuah produk. Tingginya pemahaman Anda terhadap product knowledge akan membantu Anda dalam melatih kemampuan komunikasi bisnis, meningkatkan kepercayaan diri yang tinggi, dan jalan terbaik untuk Anda meningkatkan brand awareness.
2. Berpenampilan Menarik, Baik dan Sopan
Kedua, berhubungan dengan pelayanan langsung adalah dengan memperhatikan penampilan Anda. Sebisa mungkin untuk bisa tampil secara menarik, baik dan sopan.
Citra ini diperlukan untuk memikat konsumen, dan menjadikan first impression konsumen terhadap Anda itu baik. Sesuaikan pembawaan Anda dengan bisnis yang Anda kelola. Semisal jika Anda menjalankan bisnis yang niche atau target audiensnya adalah anak muda atau generasi millenial, pembawaan kaku tentu tidak akan cocok.
Jadi dapat dipahami bahwa berpenampilan menarik di sini juga harus menyesuaikan target audiens Anda.
3. Menjelaskan Produk dengan Baik, Perhatikan USP Anda
Cara melayani konsumen yang ketiga adalah dengan menjelaskan produk Anda.
Bagian ini bisa Anda lewati dengan mudah apabila Anda sudah memahami product knowledge bisnis.
Ingat untuk tidak terlalu terpaku pada penjelasan “Ini Adalah Produk” tetapi fokuslah pada penjelasan “Produk ini Bisa Membantumu”.
Ya, kebanyakan konsumen tidak tertarik mendengarkan penjelasan panjang tentang produk Anda. Mereka hanya peduli apakah produk itu benar-benar berguna untuk mereka atau tidak. Karena sifat dasar inilah, Anda harus dapat mempersingkat penjelasan produk dengan mempelajari USP atau Unique Selling Point bisnis.
Baca Juga: Cara Menentukan Poin Unik dalam Bisnis dengan Mudah
Menurut laman dari Entrepreneur, Unique Selling Point adalah satu aspek yang dibuat berbeda oleh brand agar produk atau layanannya menjadi lebih menarik dan lebih baik daripada yang dimiliki oleh kompetitor. Poin inilah yang kemudian menjadi alasan kuat konsumen memilih produk atau layanan Anda.
4. Mendengarkan Masalah Konsumen Sampai Selesai
Keempat adalah dengan mendengarkan masalah konsumen sampai selesai.
Tunjukan simpati dan kepedulian Anda terhadap konsumen. Berikan mereka space untuk bisa menyampaikan apa yang menjadi masalah mereka. Penjelasan mereka ini akan sangat bermanfaat untuk pertajam business acumen.
Apabila penjelasan masalah mereka terpotong oleh Anda, tentunya mereka merasa tidak dihargai dan tidak diprioritaskan.
5. Fokus untuk Berikan Solusi
Meskipun konsumen cerita panjang lebar masalah mereka, itu bukan berarti Anda juga harus ikut larut dalam perasaan mereka.
Berikan mereka solusi terbaik dari bisnis Anda untuk bisa menghadapi masalah tersebut. Jelaskan kelebihan dan kekurangan bisnis Anda secara jujur. Penjelasan Anda yang seperti ini tentunya juga akan membangun rasa simpati dari konsumen terhadap bisnis Anda.
6. Menerima Kritik dan Saran
Keenam adalah dengan menerima kritik dan saran.
Berikan konsumen ruang untuk bisa mengkritik dan memberikan saran kepada produk bisnis Anda. Ruang yang diberikan seperti ini, tentunya akan memberikan rasa simpati yang lebih dari konsumen. Mereka akan merasa diprioritaskan dalam bisnis Anda.
Kritik dan saran yang mereka berikan juga menjadi poin penting untuk bisnis Anda dapat berkembang lebih baik lagi.
7. Mengucapkan Terima Kasih
Yang terakhir adalah dengan mengucapkan terima kasih.
Kata terima kasih di dalam bisnis sendiri termasuk ke dalam 3 magic words, bersamaan dengan kata tolong dan maaf.
Ucapkan terima kasih karena konsumen sudah datang, ucapkan terima kasih karena konsumen sudah berbelanja, dan ucapkan terima kasih karena konsumen sudah memberikan kritik dan sarannya.
Inilah penjelasan lengkap tentang 7 cara melayani konsumen dengan baik. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan partner bisnis terbaik, hubungi Creativism.
Pesan Sekarang: Jasa SEO Website Surabaya Terbaik
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: 7 Cara Melayani Konsumen yang Efektif […]